SIKRAB UKM BULUTANGKIS UNY
“Meski sudah
berlalu kenangannya tak akan pernah berlalu”
Foto saat pembukaan sikrab |
Acara special di
tahun 2016 ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 Oktober 2016 di Pantai
Sundak, Gunung Kidul. Dalam pelaksanaan sikrab 2016, UKM Bulutangkis UNY mengangkat tema “Membangun
Semangat Kebersamaan dalam Keberagaman untuk Jiwa Olahragawan”. Acara sikrab kali ini juga dihadiri
oleh beberapa atlet bulutangkis UNY serta DPO UKM Bulutangkis UNY sehingga keakraban antara anggota, atlet, dan pengurus diharapkan dapat semakin terjaga sehingga dapat
saling bekerjasama. Acara sikrab terasa begitu menarik, hal ini dibuktikan
dengan partisipasi serta antusias peserta sikrab dalam acara sikrab tahun ini.
Pukul 06.00-07.00 adalah waktu registrasi peserta di halaman Student Center
UNY, kemudian dilanjutkan pengondisian dan pemberangkatan menuju lokasi sikrab.
Tak lupa, ada sesi perkenalan masing-masing anggota dan panitia dengan iringan
lagu-lagu indah yang diputar di dalam
bus selama perjalanan. Perjalanan menuju Pantai Sundak terasa menyenangkan
hingga akhirnya peserta dan panitia sikrab tiba di lokasi. Acara selanjutnya
yaitu pembukaan yang dilanjutkan sambutan ketua sikrab, Anastya N. dan ketua
UKM, Dzulhan H. Peserta sikrab dibagi menjadi enam kelompok yaitu Olimpic, Sudirman,
Thomas, Uber, All England dan Sea Games.
Acara menyenangkan yang paling ditunggu-tunggu yaitu outbond, suatu acara yang akan menguji
seberapa kompak para peserta dalam memecahkan semua masalah yang diberikan. Sebelum acara outbond dilakukan games “How BL you
are” untuk menentukan urutan
pemberangkatan outbond. Setiap
kelompok akan melalui lima post games
dan satu post bayangan. Penjelasan post-post tersebut adalah sebagai berikut:
1.
POS 1 ( SPIDERMAN)
Pemain
melewati lubang (terbuat dari rafia yang dibentuk seperti jaring laba- laba). Pemain
boleh melewatinya secara langsung atau dengan bantuan anggota kelompoknya . Namun
pemain tidak diperkenankan menyentuh tali rafia/pembatas tersebut dan lubang
yang telah dilewati tidak boleh dilewati kembali. Kelompok
yang menang adalah kelompok yang paling cepat memindahkan anggotanya ke tempat
sebaliknya. Tujuannya mengukur serta menguji kekompakan dan
koordinasi tim untuk memecahkan suatu permasalahan sehingga mampu
bekerja sama.
2. Post
3 (PLAYON)
Kaki setiap
anggota kelompok diikat satu sama lain dengan poisisi membentuk barisan dengan
alat ikat yg disediakan. Kemudian adu cepat dengan berlari menuju garis akhir
dengan kelompok lawan. Tujuannya untuk mengukur dan menguji kekompakan tim
untuk saling bekerjasama. Kesulitan dalam game ini adalah berjalan bersama
dengan posisi kaki saling terikat di medan berpasir.
3. Post
2 (KOCK DIMASUKIN)
Pemain
diminta memasukkan kock ke dalam keranjang yang disediakan dengan jarak yang
ditentukan panitia dengan pukulan servis. Kelompok pemenang adalah kelompok
yang paling banyak memasukkan kock kedalam keranjang dengan waktu yang
disedikan panitia. Tujuannya untuk mengukur kemampuan dan
menguji kekompakan dan koordinasi dalam mengatur strategi tim untuk memperoleh
kemenangan dan keuntungan.
4. Post
Bayangan ( PUZZLE PUSING )
Pada post ini tidak dilakukan pertandiangan antar
kelompok karena post ini berfungsi sebagai tempat sharing satu sama lain untuk mengukur
dan menguji seberapa jauh antar anggota mengenal sifat dan karakteristik dari
anggota lainnya di samping sebagai tempat istirahat sebelum menginjak games berikutnya. Pada post ini terdapat
game sederhana yaitu semua
pemain dalam kelompok diminta untuk melihat puzzle
yang disediakan panitia dengan waktu 30 detik. Kemudian dengan cepat panitia
mengacak puzzle tersebut. Sebelum
pemain menyusun pazzel, pemain diminta berputar dengan cepat dengan tangan
tetap menyentuh bumi, untuk laki-laki sebanyak 15 putaran, prempuan 10 putaran.
Kemudian pemain segera menyusun puzzle
tersebut.
5. Post
4 (TUYUL BALAP)
Semua
pemain melakukan lari dengan posisi masih di dalam karung yang diikat melewati
kun bolak-balik. Setelah berlari bolak-balik, pelari pertama tersebut menyentuh pemain selanjutnya. Pelari
yang telah disentuh melakukan gerakan yang sama. Post ini
dibilang sebagai post tersengit karena mengandalkan kekuatan fisik. Tujuan game
ini adalah mengukur dan menguji kelincahan serta ketangkasan para anggota
tim.
6. Post
5 (TUMPAH AIR)
Semua
pemain duduk di tepi pantai dengan membuat barisan memanjang dan saling membelakangi dengan membawa botol
bocor. Pemain paling depan dan belakang disediakan baskom untuk tempat air. Kemudian
air tersebut di salurkan satu persatu ke arah belakang melewati atas kepala
masing-masing. Pemain paling belakang menaruh air tersebut kedalam baskom yang
disediakan. Tujuannya mengukur dan menguji kekompakan serta koordinasi
tim untuk memecahkan suatu permasalahan sehingga mampu bekerja
sama dalam menyelesaikan sebuah masalah.
Sikrab 2016 ini semakin special karena terdapat sesi tambahan
yang berbeda atau belum pernah ada pada sikrab tahun-tahun sebelumnya. Agenda
tambahan tersebut adalah sesi koreo dimana dalam sesi koreo seluruh peserta
sikrab berserta beberapa panitia membentuk suatu koreo tulisan “UNY”. Waktu
berlalu begitu cepat hingga tak terasa hari sudah menjelang sore. Hujan pun
turut menyambut kebersamaan kami sehingga beberapa acara selanjutnya dialihkan
di dalam bus saat perjalanan pulang. Walaupun di akhir acara terkendala cuaca
dan ada beberapa hal tak terduga, acara sikrab 2016 tetaplah istimewa. Acara sikrab ini memberikan
pengalaman dan kenangan baru. Semoga dengan suksesnya sikrab 2016 ini UKM
Bulutangkis UNY menjadi lebih baik lagi dalam berbagai hal. Tetap jaga
semangat! (A.K)
Menuju pos pemberangkatan |
Koreo tulisan "UNY" |
0 komentar:
Posting Komentar